Saturday, April 01, 2006

I like this HP (ketai) Sanyo A5514SA

Di postingan sebelumnya HP sayang HP ku malang, saya terpaksa ganti HP baru merek Sanyo A5514SA. Awalnya sih saya nggak terlalu ngeh dengan HP ini, ya fitur biasa saja yg selama ini dipakai: kirim c-mail (sms), alarm, dan menu-menu standard.

Sebenarnya ada buku manual dari AU shop, cuma karena bahasanya kanji, jadi ya nggak dibaca, langsung aja disimpan di lemari. Untung HP ini ada fasilitas menu bahasa Inggrisnya, jadi kalau pas nganggur bisa dicoba satu persatu.

SAbtu sore ini, pas di kampus, saya iseng nggugel HP merek ini, ada link-link yang bahasa Inggris, dibaca sebentar, lha kok menarik ternyata HP baru saya ini banyak fiturnya. Ada bebebapa yang menarik perhatian saya, spt:
1. Ada kamus Jepang Inggris dan sebaliknya
2. Yang menarik lagi ternyata, bisa baca (translate) dari tulisan langsung, baik ingris atau kanji lewat kamera HP lalu bisa langsung diterjemahkan. Mungkin seperti OCR (optical character recognition), walaupun agak susah untuk mengatur fokus-nya.
3. Ada fasilitas untuk baca barcode dan character code, detilnya belum saya "explore" lagi
4. Bisa dipakai untuk remote kontrol, baik TV, DVD/CD player dll. Saya sudah coba untuk remot TV di apato merek Samsung (bisa diset tergantung merek TV-nya), woww ternyata bisa berfungsi dengan baik.
5. Kamera 1.3 Mega Pixel, bisa diset SVGA 960 x 1280 pixels.
6. Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan fasilitas kamera tsb, karena pasti susah/mahal transfernya ke PC, karena tidak ada external memory (flash card). Eee nggak tahunya ada Infrared yang bisa dipakai untuk transfer data. Karena Laptop di Lab, ternyata nggak ada Infrared-nya, jadi buru-buru saya pulang ke rumah, pengen segera ngetes infrared ini.
Setelah sedikit baca-baca manual bahasa Inggris, ternyata bisa juga ditransfer poto dari HP ke PC pake infrared ini, meskipun kecepatan tranfernya cuma 115,2 Kbps. Ya..yang penting bisa transfer ke PC.
Akhirnya jadi semangat deh manfaatin fasiltas kamera HP ini..haha..
7. Ada penerima radio FM
8. Ada fasilitas informasi negara di dunia, seperti mata uang, selisih jam (GMT), kode telpon SLI
9. Bisa lihat kalender (hari libur) negara lain, termasuk Indonesia. Wah bulan April ini, di Indonesia tgl 10 dan 14 April tanggal merah (libur). Bener nggak ya??
10. HP ini ada fasilitas global passport, jadi bisa nerima/call di negara di luar Jepang, cuma kena "roaming".

Beberapa hasil jepretan pake kamera HP A5514SA:
(dari atas ke bawah:HP saya yang lama (sony erickson),HP saya yang baru SAnyo A5514SA: difoto pake cermin...hehe,Meja saya di Lab/kampus)







(ditulis sambil dengerin Klasik Rock Radio Suara Surabaya)